Jangan Cium Wajah Bayi Sebelum 4 bulan

Posted on
  • Kamis, 04 Juli 2013
  • by
  • in
  • Label:



  • Melihat bayi baru lahir yang lucu siapa yang tahan tidak menyentuh pipi atau menciumi wajahnya. Padahal, saat bayi belum genap berusia 4 bulan masih sangat rentan terhadap kuman jadi jangan cium sembarangan wajah bayi yang belum 4 bulan.

    Menurut dr Utami Roesli SpA, IBCLC, FABM-SELASI bayi yang baru lahir hingga usia 4 bulan belum memiliki imunitas yang kuat. "Jangan takut dibilang sombong. Kita harus jaga bayi agar tidak gampang sakit atau tertular penyakit orang dewasa misalnya saja flu," ungkapnya.

    Hal ini dikatakannya dalam acara Training Edukasi Laktasi sehat bersama BCA yang ditulis pada Jumat, (5/7/2013). Acara ini bertempat di Hotel Indonesia Kempinski, Jl Thamrin, Jakarta.

    dr Utami mengatakan di sini peran ayah untuk membantu ibu menjaga agar lingkungan tidak membuat anak tertular penyakit. "Kalau ibu yang flu anak tidak tertular karena ibu yang memberikan ASI, sedangkan kalau ayahnya flueanak akan mudah tertular. Jadi ayah juga harus menjaga agar anak tidak tertular penyakit dari lingkungannya," kata dr Utami.

    Dr Utami sangat menyayangkan banyak ibu-ibu yang sudah membawa bayinya berjalan-jalan ke mall padahal itu berisiko menyebabkan penyakit pada bayi. "Awalnya flue, tetapi kuman dari flue itu bisa menjalar ke otak," tegasnya.

    Untuk itu ia kembali mengingatkan agar para orangtua tidak membawa anaknya ke lingkungan luar sebelum berusia 4 bulan. Setelah 4 bulan bayi akan memiliki sistim imun yang lebih kuat sehingga bayi lebih siap menghadapi lingkungan.

    http://health.detik.com/read/2013/07/05/073213/2293248/1300/walaupun-gemas-jangan-sembarang-cium-wajah-bayi-sebelum-4-bulan?l992203755